UNDUH JADWAL DOKTER

Cari Dokter

Spesialis
 

Nama


bergabung di komunitas kami

GAWAT DARURAT

021 588 5100

OPERATOR
021 588 0911
021 5035 0911

APPOINTMENT CENTER
021 588 0911


Berita » Perawatan Kaki Untuk Mencegah Terjadinya Luka Pada Pasien Kencing Manis

Perawatan Kaki Untuk Mencegah Terjadinya Luka Pada Pasien Kencing Manis

14 Feb 2019





PERAWATAN KAKI UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LUKA

PADA PASIEN KENCING MANIS

 

Salah satu komplikasi yang sering ditemui pada pasien diabetes mellitus / kencing manis adalah luka pada kaki, atau yang sering dikenal dengan istilah kaki diabetik. Hal ini dapat terjadi akibat dari kerusakan saraf yang membuat kaki terasa baal, sehingga seringkali pasien tidak merasakan dan terlambat mengetahui apabila terjadi luka pada kaki.

 

Luka pada pasien diabetes cenderung lebih sulit untuk sembuh, dan bisa memburuk dengan cepat jika tidak segera ditangani dengan baik. Salah satu komplikasi utamanya adalah infeksi pada jaringan, yang dapat berujung kepada amputasi.  Untuk menghindari hal tersebut, sangatlah penting bagi setiap penyandang diabetes untuk selalu melakukan perawatan kaki secara rutin.

 

Berikut ini beberapa tips yang berguna untuk penyandang diabetes dalam merawat kakinya :

 

  1. Selalu gunakan alas kaki yang nyaman dan aman

Alas kaki sangatlah penting untuk mencegah terjadinya luka pada kaki penyandang diabetes. Disarankan untuk menggunakan sepatu tertutup berbahan kulit dan tidak terlalu sempit, agar nyaman dipakai dan tidak berisiko menimbulkan luka pada kaki. Sebelum memakai sepatu, periksa dahulu bagian dalam sepatu, karena dikhawatirkan ada benda-benda asing seperti kerikil atau benda tajam yang terselip di dalam sepatu.

  1. Gunakan kaos kaki yang bersih dan nyaman

Disarankan untuk menggunakan kaos kaki berbahan katun yang tidak memiliki lipatan pada bagian ujung – ujung jari untuk menghindari terjadinya luka. Selalu ganti kaos kaki setiap hari, agar kaki Anda tetap bersih dan terhindar dari infeksi.

  1. Gunakan alas kaki khusus jika sudah terdapat kelainan bentuk kaki

Salah satu komplikasi dari diabetes lama yang  tidak terkontrol adalah kelainan bentuk kaki. Apabila hal ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter agar dibuatkan alas kaki khusus yang sesuai dengan bentuk kaki Anda.

  1. Jagalah kulit kaki dalam kondisi bersih  dan lembab

Membersihkan kaki secara teratur sangatlah penting, dan setelah dicuci pastikan agar kaki selalu dilap hingga kering, terutama di bagian sela-sela jari. Kaki juga harus dalam kondisi kering sebelum dioleskan pelembab kulit. Gunakan pelembab hanya pada bagian punggung dan telapak kaki, dan jangan menggunakan pelembab pada sela-sela jari agar bagian sela jari tetap kering.

  1. Jaga kebersihan kuku dengan baik

Sangat disarankan untuk memotong kuku dengan teratur, untuk mengurangi risiko cedera akibat kuku yang terlalu panjang.

  1. Memeriksa kaki setiap hari
  2. lah kaki Anda setiap hari, dan segera kunjungi dokter jika terdapat masalah pada kaki, seperti kulit yang terkelupas, atau mulai terjadi kapalan (callus). Sebaiknya kapalan tidak dibuang sendiri, untuk menghindari terjadinya risiko infeksi dan luka pada jaringan kulit di bawahnya.

 

Selain perawatan kaki yang rutin, hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dengan baik. Periksakan diri Anda secara rutin ke dokter agar diabetes Anda terkontrol dengan baik, dan Anda terhindar dari risiko luka diabetes.