UNDUH JADWAL DOKTER

Cari Dokter

Spesialis
 

Nama


bergabung di komunitas kami

GAWAT DARURAT

021 588 5100

OPERATOR
021 588 0911
021 5035 0911

APPOINTMENT CENTER
021 588 0911


Berita » Pentingnya Skrining Pendengaran Pada Bayi Baru Lahir

Pentingnya Skrining Pendengaran Pada Bayi Baru Lahir

24 Jan 2018





Telinga sebagai salah satu indera pada manusia untuk mendengar sering tidak diperhatikan fungsinya pada saat bayi baru lahir karena yang diutamakan adalah fisiknya. Oleh karena itu adanya gangguan pendengaran sering kali tidak diketahui atau disadari hingga mencapai usia dimana anak seharusnya sudah mulai berbicara.

Pemeriksaan untuk mendeteksi gangguan pendengaran dapat dilakukan saat bayi berusia 2 hari. Oto Acoustic Emission (OAE) merupakan pemeriksaan untuk mengetahui fungsi sel rambut luar di rumah siput yang berada di telinga dalam. Pemeriksaan ini berlangsung singkat dan mudah dilakukan tetapi harus memperhatikan kebersihan liang telinga yang bebas dari cairan maupun kotoran karena akan mengacaukan hasil pemeriksaan yang dapat membuat kepanikan orang tua. Pemeriksaan yang terbaik untuk skrining pendengaran adalah pemeriksaan OAE dan BERA (Brain Stem Response Audiometry) yang dapat memprediksi ambang pendengaran.

Bila hasil pemeriksaan OAE dan BERA menunjukkan adanya gangguan pada bayi, maka saat bayi berusia 3 (tiga) bulan perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis THT. Hal ini penting dilakukan untuk rencana intervensi apabila ditemukan adanya gangguan pendengaran sebelum usia 6 bulan dengan menggunakan Alat Bantu Dengar. Selanjutnya akan dievaluasi kemampuan mendengar dan bicaranya secara berkala. Ini berkaitan dengan penelitian yang mengatakan bahwa intervensi secara dini mempunyai hasil yang baik karena anak terstimulasi sejak awal dan kemampuannya untuk berkomunikasi hampir setara dengan anak seusianya saat berumur 3 tahun, walaupun banyak faktor lain yang ikut berpengaruh seperti derajat ketulian, penyebabnya, adakah gangguan lainnya serta proses habilitasi dan dukungan orang tua.

Oleh karena itu jangan lewatkan skrining pendengaran bila terdapat fasilitas di rumah sakit saat bayi lahir atau bila dirujuk karena ini akan berdampak pada perkembangan bicara dan komunikasi anak sampai akademik.