UNDUH JADWAL DOKTER

Cari Dokter

Spesialis
 

Nama


bergabung di komunitas kami

GAWAT DARURAT

021 588 5100

OPERATOR
021 588 0911
021 5035 0911

APPOINTMENT CENTER
021 588 0911


Berita » Penuaan Dini

Penuaan Dini

24 Oct 2012





Proses penuaan merupakan hal yang pasti terjadi pada setiap orang tanpa terkecuali termasuk diri kita sendiri maupun orang-orang yang kita cintai.

 

Meskipun ini merupakan hal yang lumrah tetapi terkadang seringkali menimbulkan penolakan dari dalam diri beberapa orang.

 

PROSES PENUAAN SECARA NORMAL

 

Proses penuaan yang normal merupakan proses yang terjadi secara terus menerus dimulai pada usia pertengahan 20 tahun, dimana produksi kolagen yang membentuk jaringan kulit baru menjadi lambat seiring dengan bertambahnya usia,  rambut menjadi tipis, mudah rontok,  dan berubah menjadi abu-abu atau putih. Kulit menjadi lebih tipis, tidak elastis dan mengendur,  kering dan mudah gatal . Selain itu fungsi – fungsi organ di dalam tubuh pun menunjukkan penurunan dan kemampuannya berkurang.

 

Proses penuaan juga membawa perubahan pada kehidupan sosial dan emosional. Karena seiring dengan penuaan kita mulai kehilangan orang-orang terdekat dan yang kita cintai, kita juga menghadapi semua perubahan fisik sesuai dengan bertambahnya usia. Sehingga dibutuhkan kesiapan mental untuk menerima hal ini.

 

PENUAAN DINI DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

 

Penuaan dini adalah penuaan yang terjadi sebelum waktunya. Ini sering diakibatkan oleh paparan sinar matahari, ekspresi wajah yang berlebihan, posisi tidur dan merokok.,

  1. Matahari , kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan secara terus menerus, akan menimbulkan perubahan pada kulit seperti bintik hitam di wajah, kulit menjadi lebih kasar dan kusam, garis – garis kerutan di wajah mulai bermunculan pada orang – orang yang mempunyai tipe kulit seperti orang Eropa akan mudah atau berpotensi timbul kanker kulit. Penuaan dini akibat sinar matahari biasanya berlangsung bertahun – tahun setelah terjadinya paparan sinar matahari. Karena kulit kehilangan kemampuan memperbaiki dirinya sementara kerusakan yang ditimbulkan sinar matahari terus menerus bertambah dan berlangsung.
  1. Ekspresi wajah yang berlebihan : Jika anda terbiasa melakukan senam wajah untuk menjaga agar wajah anda tetap terlihat awet muda, kini saatnya untuk berhenti.Gerakan yang berulang – ulang biasanya akan menimbulkan garis halus dan kerutan pada wajah, karena setiap kali kita menggerakkan otot wajah, terjadi pembentukan lekukan pada bagian dibawah kulit yang mana akan terlihat sebagai garis ketika seseorang berekspresi, dan dengan bertambahnya usia kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga kulit kehilangan kemampuan untuk menarik kembali garis tersebut dan yang terjadi adalah garis dan kerutan yang menetap.
  1. Poisisi Tidur, jika anda mempunyai kebiasaan tidur dengan wajah menempel pada bantal dengan posisi yang sama setiap malam selama bertahun – tahun maka yang akan terjadi adalah timbulnya garis dan kerutan pada sisi wajah yang tertekan pada bantal. Orang – orang yang tidur dengan posisi terlentang jarang menghadapi masalah ini.
  1. Merokok, rokok dapat menyebabkan perubahan biokimia pada tubuh yang meningkatkan proses penuaan. Penelitian menunjukkan orang yang merokok 10 batang rokok atau lebih dalam sehari selama sepuluh tahun akan membentuk kerutan yang dalam pada kulitnya dan kulitnya akan kelihatan lebih kusam daripada orang yang tidak merokok. Untungnya gejala – gejala ini dapat berkurang apabila seseorang berhenti merokok.

 

Menjadi Tua, Sehat dan Bahagia

Sementara anda tidak dapat menghentikan atau memperlambat proses penuaan yang terjadi secara normal, anda dapat mencegah terjadinya penuaan dini dengan melindungi diri anda dari sinar matahari, berhenti merokok, dan mengurangi ekspresi wajah yang berlebihan.

Dokter spesialis kulit menyarankan pentingnya perlindungan diri terhadap sinar matahari yaitu dengan cara :

  • Menghindari proses tanning ( membuat kulit menjadi lebih gelap )
  • Menghindari sinar matahari pada pukul 10.00 – 16.00
  • Menggunakan payung, topi lebar dan lengan panjang ketika beraktifitas diluar sepanjang hari
  • Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih 30 menit sebelum beraktifitas dan ulangi pengolesan jika aktifitas sepanjang hari atau keringat berlebihan.

Selain itu juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung antioksidant tinggi seperti, blueberry, tomat, kacang-kacangan, ubi,

Tips Hidup Sehat ala Orang Okinawa :

  • Ikigai , yaitu mempunyai tujuan yang pasti di dalam hidup atau membuat hidup lebih berarti dengan memperkuat hubungan keluarga dan teman – teman dekat
  • Hidup dengan aktif, yaitu dengan bercocok tanam, selain mendapatkan hasil sayur-sayuran yang sehat mereka juga melakukan aktifitas fisik yang menyehatkan badan.
  • Menggunakan herbal seperti jahe dan temulawak
  • Hari hachi bu, yang berarti “makanlah sampai anda merasa 80% kenyang” orang Okinawa mengatakan ini sebelum makan untuk mengingatkan mereka untuk makan secukupnya
  • Tersenyum, betapapun sulitnya kehidupan yang harus dijalani,  Orang Okinawa berusaha melihat semua hal dengan positif.

 
Mulailah hidup anda dengan cara yang sehat dan positif, agar ketika menghadapi hari tua yang akan datang anda akan tetap sehat, bahagia dan awet muda.

 

Dr. Wang Suryany, Sp.KK

Spesialis Kulit & Kelamin

RS Pantai Indah Kapuk